Sabtu, 25 Juni 2016

Cara merubah permission agar file tidak bisa dihapus

Siang sahabat blogger, disiang bolong gini, gua mau bagi2 ilmu ni sob, ni gua uda coba gampang bangt, kasian kan kalau komputer loh, di otak atik sama orang trus gk sengaja ke hapus padahal itu data penting !!? Nangis kan loh. Kali ini gan gua kasih loh solusi ok ikutin aja tutorial yg gua buat ini,


Langsung saja, 

1. Silahkan pilih file yang akan dirubah permission-nya.


2. Klik kanan pada file tersebut, lalu pilih properties.

3. Pada gambar dibawah ini ada pilihan Group or user names.Saat ini, file yang saya akan hapus tadi masih menggunakan user name system. Jadi saat saya ganti menjadi AMD-PC\AMD dan merubah permissionnya maka AMD-PC\AMD tidak lagi bisa mengotak-atik file tersebut sedangkan yang system atau administrator masih bisa. Silahkan klik edit.



4. Muncul kotak dialog baru. Disitu ada Permissions for AMD. Lalu dibawahnya ada pilihan allow dan deny

Full control : file boleh diapakan saja oleh nama pengguna AMD.Modify : file boleh dimodifikasi atau dirubah, dihapus.Read & Execute : file boleh dibaca dan atau dijalankan. Misalnya, video atau gambar boleh dibuka oleh user AMD.Read/write : File boleh dibaca atau ditempatkan kembali. 

Dengan mencontreng atau men-checklist pada kotak deny artinya kita tidak membolehkan 4 hal diatas. Sebagai contoh, saya ingin file tersebut boleh dicopy tetapi tidak boleh dihapus oleh orang. Maka pilihan yang saya bisa ambil adalah checklist pada modify.


Pada contoh file yang saya rubah permissionnya tadi, saya checklist pada fullcontrol. Jadi pengguna yang masuk dengan user name AMD sudah tidak bisa ngapa-ngapain file gambar saya. Baik menggunakannya untuk diolah atau dicopy atau dihapus. 


#smoga bermanfaat ya. Gua uda coba kok hasilnya keren.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar